Kamis, 17 September 2015

Wisata Kuliner Khas Indonesia


Republik Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan ribuan pulau-pulau kecil (sekitar 6.000 yang dihuni), dengan total luas 1.919.440 kilometer persegi (741.100 mil persegi). Tanah dan iklim negara mendukung sejumlah tanaman pertanian, dengan gula menjadi tanaman komersial terbesar. Indonesia adalah produsen terbesar ketiga di dunia kopi (setelah Brazil dan Kolombia), yang produsen terbesar kedua minyak sawit (setelah Malaysia). Produksi padi meningkat selama tahun 1980-an dan 1990-an. Karena perbaikan teknik pertanian, Indonesia sekarang tumbuh padi hampir cukup untuk memenuhi tuntutan negara. Namun, penggunaan tak terbatas dari pupuk dan pestisida juga telah mengakibatkan kerusakan yang signifikan terhadap lingkungan.

2 SEJARAH DAN MAKANAN

17.508 pulau Indonesia ini telah menarik pedagang, bajak laut, dan petualang dari seluruh dunia sepanjang sejarah. Terletak di antara rute perdagangan kuno dan kaya dengan sumber daya botani, pulau-pulau terpencil cepat menjadi kepentingan global. Rempah-rempah yang dihargai tidak hanya untuk rasa mereka, tetapi juga karena kemampuan mereka untuk menyamarkan makanan manja, menyegarkan nafas, dan memperbaiki masalah kesehatan. Meskipun "Kepulauan Rempah-rempah" Indonesia Timur menerima sebagian besar perhatian, masakan negara, secara keseluruhan, dikembangkan terutama sebagai akibat dari rempah-rempah-mencari imigran.

Beras, makanan pokok negara, tanggal kembali sedini 2300 SM Makanan kuno terdiri dari ikan, buah-buahan, dan sayuran, termasuk pisang, ubi, kelapa, dan tebu. Perdagangan dengan Cina, yang

Indonesia
pertama dimulai sekitar 2000 SM, dipengaruhi masakan Indonesia dan masih jelas melalui penggunaan teh, mie, kubis, sawi, kacang kedelai, dan metode aduk-menggoreng. Cina piring, nasi goreng (nasi goreng), adalah salah satu hidangan nasional Indonesia.
Dengan 100 AD, kari (saus pedas), mentimun, bawang, mangga, dan terong yang dibawa oleh para pedagang dan misionaris Hindu dari India. Jahe, jintan, kapulaga, ketumbar, dan adas juga diperkenalkan, menambah berbagai rempah-rempah. Sekitar tahun 1400-an, umat Islam dari Timur Tengah mulai menggabungkan kambing dan domba piring ke dalam diet Indonesia, serta saus berbasis yoghurt (meskipun santan sekarang digunakan di tempatnya).

Portugis adalah orang Eropa pertama yang secara signifikan mempengaruhi masakan Indonesia. Mereka mengambil alih rute perdagangan ke dan dari pulau-pulau, dengan membawa singkong (tanaman akar tropis) dan ubi jalar. Kembang kol, kubis, dan lobak dibawa ke pulau-pulau sekitar satu abad kemudian oleh kuat Perusahaan Hindia Timur Belanda, yang menguasai rute perdagangan. Meskipun Spanyol menyumbang kacang, tomat, jagung, dan cabai sangat populer, mereka tidak dapat mengalahkan Belanda, yang memerintah sampai pertengahan 1900-an.

Nasi Goreng (Fried Rice)

Bahan

1 ½ cangkir dimasak dan didinginkan beras panjang
3 sendok minyak sayur, untuk menggoreng
1 bawang menengah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus hancur dan
2 sendok teh cabai bubuk
2 sendok teh kecap hitam
Sejumput gula coklat gelap
Garam dan lada
Prosedur

Setelah menyiapkan beras, panaskan minyak dalam wajan atau panci dan tambahkan bawang, bawang putih, dan cabai bubuk.
Tambahkan nasi, kecap, dan gula dan menyesuaikan bumbu dengan garam dan merica, secukupnya.
Menggabungkan dan aduk rata, masak selama 5 sampai 6 menit.
Jika campuran menjadi terlalu kering, tambahkan air, atau bahkan telur kocok.
Hapus dari panas dan melayani di piring besar.
Hiasan yang diinginkan.
Membuat 4 porsi.

Kelapa Susu (Santan)

Bahan

1 cangkir kering kelapa
2 cangkir air hangat
Santan merupakan bahan penting dalam memasak masakan Indonesia. Foto EPD
Santan merupakan bahan penting dalam memasak masakan Indonesia.
Foto EPD
Prosedur

Tempatkan kelapa dalam panci dan tutup dengan air.
Biarkan rendam selama 20 menit dan kemudian memeras kelapa sangat keras untuk menghasilkan cairan susu.
Ketika santan telah ditambahkan ke piring, itu akan perlu terus-menerus diaduk pada awalnya untuk menghindari pemisahan.
Rujak (Spicy Salad Buah)

Rujak dianggap salad nasional Indonesia.

Bahan

1 menengah potongan kaleng nanas
2 pisang, kupas dan cincang
3 apel hijau, kupas dan cincang
1 mentimun kecil, kupas dan iris
Memanen padi adalah padat karya, tetapi Indonesia saat ini memproduksi hampir cukup beras untuk memberi makan penduduknya. Cory Langley
Memanen padi adalah padat karya, tetapi Indonesia saat ini memproduksi hampir cukup beras untuk memberi makan penduduknya.
Cory Langley
D RESSING:

1 sendok teh bubuk cabai
1 sendok makan kecap gelap
½ cangkir gula merah gelap
2 sendok makan kapur (atau lemon) jus
Prosedur

Menempatkan semua buah-buahan dan sayuran ke dalam mangkuk dan aduk rata.
Dalam mangkuk terpisah, menggabungkan bahan-bahan saus.
Tuangkan saus di atas buah-buahan dan sayuran. Dinginkan sebelum disajikan.
Berfungsi 4-6.

3 MAKANAN DARI MASYARAKAT INDONESIA

Kombinasi keragaman geografis dan budaya di Indonesia telah mengakibatkan salah satu masakan yang paling unik di dunia. Meskipun makanan umumnya sederhana, penggunaan berlimpah berbagai akar, rempah-rempah, rumput, dan daun menambah semangat untuk kebanyakan piring. Penggunaan umum dari cabai dapat menyesatkan beberapa orang untuk percaya bahwa semua masakan Indonesia yang pedas dan panas. Sebaliknya, rempah-rempah yang paling banyak digunakan adalah ketumbar (yang memiliki rasa jeruk samar), jintan, dan jahe, semua rempah-rempah yang relatif ringan. Selain itu, sebagian besar makanan Indonesia siap dengan kontras rasa, seperti saus manis pedas atau panas yang disajikan di atas tempat tidur beras putih polos, makanan populer di seluruh negeri.

Beras adalah yang paling penting makanan pokok di Indonesia. Biasanya menemani setiap makan dan sering bahan utama untuk makanan penutup dan minuman. Dua jenis yang paling umum adalah putih nasi (-gandum putih panjang beras) dan ketan nasi (beras ketan), beras yang paling sering digunakan untuk membuat kue, makanan ringan, dan memperlakukan manis lainnya. Mereka yang tidak mampu beras, atau yang tinggal di daerah dengan tanah yang buruk atau curah hujan yang rendah, harus bergantung pada pokok alternatif, seperti ubi atau kedelai. Kelimpahan diandalkan seafood di seluruh negeri juga dapat membawa bantuan untuk keluarga lapar. Kebanyakan kelas sosial, bagaimanapun, mampu minuman dijual dengan warung (warung makanan jalanan berlapis) dan kaki lima (gerobak makanan), termasuk minuman buah dan gula-dan krim teh penuh.

Metode yang paling umum untuk menyiapkan makanan adalah menggoreng, memanggang meskipun, mendidih, uap, dan bahkan kesal (paling sering dengan santan) juga populer. Beberapa item yang paling umum goreng bumbu (bumbu dasar), yang sering menyertai beras, dan berbagai daging seperti ayam, kambing, atau daging sapi. Persiapan akhir untuk banyak makanan terdiri dari penambahan santan, bahan memasak penting dan pengental untuk banyak saus.

Untuk banyak kesamaan yang ada di pulau-pulau, ada hanya sebagai banyak perbedaan regional. Bali, pulau yang paling dikenal luas Indonesia, adalah rumah bagi dimasak bebek dan babi guling (babi). Minahasa menikmati tikus dan anjing, dan Sunda dari Jawa Barat lebih memilih daging atau ikan mereka dimasak dalam darah kerbau atau babi. Kebanyakan orang Indonesia juga menikmati durian, oval, buah sepakbola berukuran, meskipun banyak orang Barat menganggap bau untuk menjadi busuk dan menimbulkan selera.

Uli Petataws (Fritters Ubi Jalar)

Bahan

£ 1 ubi jalar
½ cangkir kelapa, parut
½ sendok teh vanili ekstrak
½ sendok teh garam
2 sendok makan gula merah dikemas
Prosedur

Menggosok ubi jalar, menempatkan mereka dalam panci besar. Tutup dengan air dan didihkan sampai lunak (sekitar 20 sampai 30 menit). Tiriskan dan biarkan dingin.
Ketika cukup dingin untuk menangani, kupas dan tumbuk kentang dalam mangkuk. Tambahkan kelapa, vanili, dan garam dan aduk rata.
Panaskan oven sampai 450 ° F.
Bentuk sekitar ⅓ cangkir campuran kentang menjadi pancake bulat, taruh 1 sendok teh gula merah di tengah, dan roll pancake ke dalam silinder sekitar 3 inci panjang dan 1 inci diameter.
Ulangi prosedur dengan campuran ubi jalar yang tersisa dan gula merah.
Di atas loyang ringan diminyaki, panggang goreng selama 15 menit.
Sajikan pada suhu kamar dengan kopi atau teh.
Membuat 6 goreng.

Sarikayo Telor (Kukus Telur dan Coconut Milk Pudding)

Bahan

2 cangkir gula merah
2 sendok makan gula pasir
½ cangkir air
8 besar telur, dipukul ringan
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh vanili
4 cangkir santan (kaleng diterima)
Prosedur

Masak pasir dan gula merah di dalam air di atas api kecil selama 3 menit, atau sampai gula benar-benar larut dan membentuk sirup; biarkan dingin sirup.
Kocok di telur, garam, vanili, dan santan.
Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas 2-liter dan uap air panas lebih selama 15 menit, atau sampai puding ini perusahaan.
Sajikan hangat atau dingin.
8 porsi.

Sambal Kecap (Chili dan Kecap)

Bahan

6 sendok kecap hitam
1 sendok teh bubuk cabai
3 cabai hijau segar kecil, iris
1 bawang kecil, potong dadu
2 sendok makan kapur (atau lemon) jus
2 siung bawang putih, cincang halus hancur dan
Prosedur

Tempatkan semua bahan dalam panci kecil dan masak di atas media untuk panas rendah selama sekitar 5 menit, aduk terus.
Saus ini menambah rasa yang sangat baik ketika dituangkan di atas nasi.
4 porsi.

Es Pokat atau Es Avocad, Bali (Indonesia Alpukat Minum)

Bahan

5 sendok makan gula
5 sendok makan air
2 alpukat, kupas dan pit dihapus
½ cangkir susu
Susu cokelat 1 cangkir
Es, hancur
Prosedur

Untuk membuat sirup sederhana, menggabungkan gula dan air dalam panci kecil di atas api sedang panas tinggi.
Aduk sampai jelas. Hapus dari panas dan biarkan dingin.
Sendok keluar pulp alpukat dan tempat dalam blender.
Tambahkan sirup dan campuran untuk campuran, kemudian tambahkan susu dingin dan campuran.
Membagi campuran antara dua gelas tinggi. Top masing-masing melayani dengan cangkir susu ½ coklat (untuk membentuk lapisan terpisah) dan es hancur.
Membuat 2 porsi.

Tahu Goreng (Fried Tofu)

Bahan

Minyak sayur, cukup untuk deep-fry tofu
½ cangkir tofu, potong dadu seukuran gigitan
3 sendok kecap hitam
Ketumbar (atau peterseli daun atau daun bawang) cincang, untuk hiasan
Prosedur

Panaskan minyak dalam wajan goreng yang mendalam dan mendalam-menggoreng batu tahu sampai renyah dan coklat keemasan.
Lepaskan kubus dan tiriskan di atas kertas handuk; tempatkan pada piring saji.
Tuangkan kecap atas batu, hiasan, dan melayani.
4 porsi.

4 MAKANAN UNTUK AGAMA DAN LIBUR CELEBRATIONS

Islam, Katolik, Protestan, Budha, dan Hindu adalah lima agama resmi yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Sebagian besar (sekitar 87 persen) menganut Islam, memberikan Indonesia salah satu persentase Muslim terbesar di dunia.

Islam adalah agama yang dominan di seluruh negeri, menjaga lima dari dua belas hari libur nasional. Puasa (Ramadhan), ketaatan selama sebulan puasa dan perayaan, adalah waktu yang paling penting dari tahun bagi umat Islam. Selama Puasa, keluarga meningkat sedini 03:00 mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin sebelum

Tahu Goreng (goreng kubus tahu dengan kecap) membuat sehat, memuaskan hidangan utama atau lauk. Foto EPD
Tahu Goreng (goreng kubus tahu dengan kecap) membuat sehat, memuaskan hidangan utama atau lauk.
Foto EPD
Indonesia antusias tentang durian, buah berduri sepakbola berukuran bahwa beberapa orang Barat telah digambarkan sebagai berbau seperti minyak tanah. Koki menggunakan daging untuk membuat kue, es krim, dan makanan penutup lainnya. Foto AP / Vincent Yu
Indonesia antusias tentang durian, buah berduri sepakbola berukuran bahwa beberapa orang Barat telah digambarkan sebagai berbau seperti minyak tanah. Koki menggunakan daging untuk membuat kue, es krim, dan makanan penutup lainnya.
Foto AP / Vincent Yu
fajar. Cepat rusak setiap hari setelah matahari terbenam, ketika kelompok datang bersama-sama untuk pesta besar. Lebaran (juga disebut Hari Raya atau Idul Fitri) menandai akhir dari Puasa, serta kembalinya kebiasaan makan yang teratur. Di antara keluarga dan teman-teman, Muslim sering mempersiapkan ketupat, blok nasi di daun kelapa atau kelapa. Cake dan cookies yang disajikan dengan panci yang tampaknya jurang teh.
Selamatan adalah tradisi khas Indonesia. Kebiasaan berdoa kepada Allah sebelum peristiwa penting (seperti pernikahan atau membangun rumah baru) masih dipraktekkan oleh sebagian besar. Setelah doa (dan pada kickoff paling peristiwa besar di seluruh negeri), tumpeng, sebuah gunung berbentuk kerucut nasi kuning kukus, diiris di bagian atas dan disajikan.

Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Hindu (juga dikenal sebagai Hindu Day of Silence), paling rumit dirayakan pada Bali, rumah bagi populasi Hindu terbesar di Indonesia. Pada malam tahun baru, makanan disiapkan untuk hari berikutnya (terutama kue-kue buatan sendiri dan manisan) ketika Hindu menahan diri dari semua kegiatan, termasuk persiapan makanan. Jalan-jalan sepi dan wisatawan sering tidak diperbolehkan untuk meninggalkan hotel mereka.

Sekuler (non-religius) liburan menawarkan lebih banyak alasan untuk menikmati pesta perayaan. Yang paling populer adalah Hari Proklamasi Kemerdekaan (Independence Day), merayakan kemerdekaan Indonesia dari Belanda pada 17 Agustus 1945. Salah satu ibadah yang paling bersemangat berlangsung di Jakarta, ibukota Indonesia. Kota dan warganya mempersiapkan perayaan beberapa minggu sebelumnya. Uang dibangkitkan untuk kontes seperti krupuk udang (udang kerupuk) makan kontes anak dan baking kontes perempuan, yang biasanya merupakan upaya untuk membuat tumpeng terbesar.

Memori Raden Kartini, wanita emancipationist pertama di Indonesia, dirayakan setiap tanggal 21 April menghormati dia, peran keluarga tradisional dibalik pada hari ini, meninggalkan tanggung jawab memasak dan membersihkan rumah untuk ayah dan anak-anak.

Pisang Goreng (Fried Banana Cakes)

Bahan

6 menengah berukuran pisang matang, kupas
1 sendok makan gula
1 sendok makan tepung
Minyak, untuk deep-menggoreng
Prosedur

Halus mash pisang dan campur dengan gula dan tepung.
Panaskan minyak dalam panci besar atau wajan dan penurunan sesendok besar adonan.
Masak beberapa pada satu waktu, tetapi tidak sesak wajan atau suhu minyak akan diturunkan.
Ketika kue renyah dan coklat keemasan, tiriskan di atas kertas handuk dan melayani selagi masih hangat.
Membuat 4-6 kue.

Sebuah Khas Hari Kemerdekaan menu

Gado-gado, sayuran kukus saus kacang

Sate, diasinkan daging atau ikan kebab

Roti, roti manis Indonesia

Nasi tumpeng, nasi kuning kukus berbentuk kerucut seremonial (nasi kuning)

Krupuk udang, udang-dibumbui makanan ringan kerupuk

Pisang goreng, goreng pisang kue

The halia, teh jahe panas

Teh Halia (Hot Ginger Tea, Ambon)

Bahan

6 gelas air
1 cangkir gula merah, dikemas
2-inci potongan jahe segar, retak
Prosedur

Campurkan air, gula, dan jahe dalam panci dan membawa campuran mendidih.
Masak di atas api sedang selama sekitar 5 menit.
Regangan.
6 porsi.

Nasi Kuning (Yellow Beras)

Bahan

2 cangkir beras
2 ¼ cangkir santan
2 sendok teh kunyit (ditemukan di sebagian besar supermarket)
1 pisau serai
Prosedur

Cuci dan tiriskan beras.
Campurkan semua bahan dalam panci dan didihkan.
Kecilkan api ke didihkan dan terus masak sampai semua santan terserap.
Masukkan beras ke dalam sebuah kapal (sebuah kapal sayuran dilapisi dengan kain katun tipis set atas air mendidih juga akan bekerja).
Uap sampai beras lunak.
Berfungsi 4-6.

Gado Gado (Vegetable Salad dengan saus kacang)

Bahan

2 kentang
1 cangkir tauge
10 buncis
1 mentimun, iris tipis
1 cangkir kubis hijau, cincang
1 wortel, iris tipis
8 sampai 12 ons tofu (opsional)
5 sendok makan minyak sayur
2 butir telur rebus, dipotong wedges
Saus Kacang (tersedia dalam botol kecil di toko kelontong)
Prosedur

Rebus semua sayuran (kecuali tahu dan mentimun), atau uap sampai renyah dan lembut.
Sisihkan.
Potong tahu menjadi potongan-potongan kecil dan goreng sampai berwarna cokelat keemasan, lalu sisihkan.
Tempatkan sayuran yang dimasak di atas piring, atas dengan tahu, irisan mentimun, dan irisan telur rebus wedges, dan tuangkan saus kacang pada lalu.
Membuat 2 porsi.

5 waktu makan BEA

Waktu makan biasanya urusan kasual dan soliter untuk Indonesia, yang sering memilih untuk camilan berbagai hidangan kecil sepanjang hari, bukan tiga kali lebih besar. Perempuan Indonesia berkumpul ketentuan dibutuhkan pada pagi hari, termasuk memetik buah-buahan dan sayuran segar dari kebun mereka sendiri atau membeli bahan-bahan dari pasar lokal. Setelah makanan siap, mereka biasanya pergi, pada suhu kamar, di meja dapur untuk anggota keluarga untuk menggigit pada setiap kali mereka lapar.

Ketika makanan besar yang terpisah dikonsumsi, pagi Makan (sarapan) biasanya semangkuk nasi goreng, mie, atau soto (sup), disertai dengan kopi Jawa (yang telah menjadi terkenal di dunia) atau teh. Makan siang (lunch) sering makan utama hari, diikuti oleh Malam Makan (makan malam) setelah hari kerja telah berakhir. Dasar dari sebagian besar makanan adalah nasi (beras).

Ketika makan dinikmati bersama-sama, hidangan siap biasanya ditempatkan di tengah-tengah meja atau tikar lantai sehingga semua orang dapat berbagi. Rijstafel (yang berarti "meja nasi"), sebuah ide yang dibawa ke pulau-pulau oleh Belanda, hampir selalu meliputi nasi, disertai dengan berbagai daging dan sayuran untuk tujuan kontras rasa dan tekstur. Piring panas dan pedas akan sering disajikan dengan tekstur yang berbeda, seperti kacang garing atau krupuk (kerupuk renyah), atau rasa yang kontras, seperti saus krim, gula aren, atau kecap manis, kecap manis.

Mirip dengan sebuah toko kecil di Amerika Serikat, warung di Indonesia memberikan desa dan kota dengan tempat untuk pertemuan sosial dan gigitan cepat atau minuman yang menyegarkan. Krupuks raksasa biasanya dijual kepada anak-anak bergegas pergi ke sekolah, sementara orang dewasa dapat memilih pisang menyegarkan dan minuman susu atau nasi campur (nasi atasnya dengan daging, sayuran, dan telur). Siswa biasanya makan makanan yang ditawarkan kepada mereka oleh sekolah mereka, yang biasanya termasuk ubi jalar, beras, jagung, buah-buahan dan sayuran, dan susu cokelat terbuat dari susu bubuk yang diimpor dari Amerika Serikat. (Menurut amal independen Britania Raya, Susu untuk Sekolah (MFS), susu coklat diduga telah meningkatkan kehadiran di sekolah antara rumah tangga berpenghasilan rendah sebesar 20 persen pada akhir 1990-an.)

Nasi Jagung (Corn Beras)

Bahan

1 ½ cangkir mentah beras, dicuci
1 ½ cangkir biji jagung manis, dipotong dari tongkol atau kalengan
Prosedur

Tempatkan beras dan jagung dalam pot dengan 3½ cangkir air dan didihkan. (Jika menggunakan kaleng jagung manis, jangan tambahkan air).
Didihkan beras dan jagung sampai air terserap.
Jika menggunakan kaleng jagung manis, tambahkan air sekarang.
Kecilkan api ke rendah dan masak nasi dan jagung selama 10 menit, sampai nasi kering dan halus.
6 POLITIK, EKONOMI, DAN GIZI

Sekitar 6 persen dari penduduk Indonesia tergolong kurang gizi oleh Bank Dunia. Ini berarti mereka tidak menerima nutrisi yang cukup dalam diet mereka. Anak di bawah usia lima tahun, sekitar 34 persen berat badannya, dan lebih dari 42 persen terhambat (pendek untuk usia mereka).

Krisis ekonomi akhir 1990-an mengambil tol pada kesejahteraan anak-anak bangsa; kematian bayi hampir dua kali lipat antara tahun 1995 dan 1998. Pada tahun 1999, UNICEF memperkirakan bahwa delapan juta anak pra-sekolah usia menderita kekurangan gizi. Dalam 1994-1995, hanya 63 persen dari populasi memiliki akses ke air yang aman, dan 55 persen memiliki sanitasi yang memadai. Selain itu, kekeringan parah yang disebabkan Indonesia untuk menjadi nomor satu di dunia pengimpor beras pada tahun 1998. Namun, Indonesia telah menerima bantuan banyak dari PBB, khususnya melalui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF, dalam memecahkan masalah kesehatan. Kementerian Kesehatan juga berusaha untuk membangun sebuah pelayanan kesehatan untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik dan personil terlatih.

Sumber : Wisata Kuliner Jogja Lengkap

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar